Sedikit Tips Mengelola Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Mengelola sampah organik yang dibuang ke dalam tempat sampah stainless menjadi pupuk kompos adalah salah satu tindakan yang  sangat tepat karena memang pupuk kompos bisa digunakan dengan manfaat yang sangat besar.

Setiap tanah khususnya tanah perkebunan atau tanah tanaman biasa apabila sudah diberikan pupuk kompos maka yang terjadi adalah tanah tersebut menjadi lebih subur, tumbuhan apapun yang tumbuh di atas tanah tersebut akan lebih sehat pertumbuhannya.

Selain itu, jika kamu sudah paham cara membuat pupuk kompos kamu juga bisa menjualnya kembali dan kamu bahkan bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari penjualan pupuk kompos tersebut.

Nah berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat pupuk kompos :

  1. Kamu harus mempersiapkan sampah organik yang akan digunakan untuk dijadikan sebagai pupuk kompos seperti misalnya bekas sayuran, daun kering, dan sampah organik lainnya . Nah sampah organik itu di potong menjadi kecil – kecil. Cara memotongnya bisa manual atau menggunakan mesin.
  2. Setelah itu, kita harus mencampurkan potongan dari sampah tersebut dengan kotoran hewan kambing. Jumlah nya adalah 3 : 1. Jika kita mencampurkannya dalam jumlah yang sangat besar maka kita bisa menggunakan mixer untuk mempermudah pekerjaan kita.
  3. Jangan lupa juga siapkan gelas larutan gula atau bisa juga 100 ml. Ukuran jumlahnya bisa kita sesuai kan dengan jumlah organik yang ada.
  4. Jangan lupa siapkan juga larutan bakteri EM4. Kamu bisa beli ini di toko pertanian.
  5. Adonan yang sudah dibuat diatas tadi selanjutnya kita campurkan dengan larutan bakteri EM4. Aduk hingga merata sampai adonan terlihat lembab dan cukup basah.
  6. Setelah itu adonan pupuk tadi yang sudah kita buat kita masukkan ke dalam sebuah karung atau juga tempat penampungan untuk kemudian kita diamkan untuk proses fermentasi. Biasanya proses ini berkisar 2 – 3 bulan. Untuk mempercepatnya, setiap minggu kita bisa mengaduk adonan tersebut dan menyipratkan air supaya adonan cukup basah.
  7. Nah agar lebih maksimal, seharusnya pembuatan pupuk kompos itu dilakukan secara periodik agar pemanfaatannya juga berkelanjutan dan tidak akan ada lagi sampah organik yang terbuang.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat pupuk kompos agar sampah organik bisa terkelola dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *