Masjid Tua yang Ramah “Masjid Agung An-Nur Batu”

Pernah ke Kota Batu nggak? khususnya Alun-alun Kota Batu, kalau belum silahkan berkunjung,karena Kota Batu memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan cocok bagi kaum milenial, cocok untuk menghabiskan waktu,tempatnya yang sejuk dan asri. Bagi anda yang pernah ke Alun-alun Kota Batu pasti tak asing dengan masjid ini,karena letaknya yang bersebrangan,hanya dipisahkan oleh jalan raya saja.

Namanya Masjid Agung An-Nur Batu,terletak di Jalan Gajah Mada, Sisir, Kecamatan Batu, Kabupaten Batu Jawa Timur. Letaknya sangat strategis,mudah dijangkau dari segala arah,apalagi dekat dengan Alun-alun Kota Batu, tentunya itu pusat kota kan. Namun berjarak sekitar 1,6 km dari kantor Walikota Batu, karena seperti yang kita ketahui masjid ini dan Alun-alun Kota lebih dulu dibuat dari pada kantor walikotanya, karena Kota Batu belum genap berusia 20 tahun, Kota Batu pertama kali dijadikan kota mandiri pada tahun 2001, terpisah dari Kabupaten Malang. Untuk menuju kesini bisa memesan travel surabaya malang langsung ke tempat.

Masjid Agung An-Nur Batu

Masjid ini dibangun sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tahun 1920 diatas tanah wakaf. Masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi, dan renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2008 dan diresmikan langsung oleh walikota pertama Kota Batu,yakni bapak Eddy Rumpoko. Berdiri megah dengan dekorasinya yang futuristik, dilihat dari jauh mampu menyejukkan mata, apalagi kita menilik masuk kedalam, interiornya sangat elegan, dengan ukiran disetiap sudut ruangan dan dibagian atapnya, serasa berada di istana, hhehee

Bagi anda yang melakukan backpacker ke Kota Batu, Masjid Agung An-Nur ini adalah tempat yang pas untuk istirahat, karena selain sebagai tempat beribadah,masjid ini juga dijadikan tempat istirahat barang sebentar, setelah lelah berkendara atau liburan. Dan jangan khawatir anda mengganggu orang beribadah,sebab letak tempat istirahatnya terpisah dari bangunan utamanya,letaknya tepat disamping masjid,masih satu kawasan. Disana anda bisa sekedar meluruskan kaki anda, atau tidur-tiduran bahkan tidur beneran juga bisa hhehee, asal jangan sampai mengganggu orang di sekitar anda. Anda tidak dipungut biaya saat ingin beristirahat disana, hanya dipungut biaya parkir saja,seikhlas anda.

Selain fasilitas rebahan J, terdapat juga fasilitas tempat charger barang elektronik. Ada banyak colokan yang terdapat disana, beruntung sekali kita bisa datang ke masjid ini, semua barang elektronik bisa anda isi ulang baterainya, baik handphone, power bank, atapun kamera. Dan anda tidak perlu khawatir meninggalkannya untuk shalat ataupun rebahan,sebab sudah ada pengamannya seperti loker, memiliki kunci, sehingga anda bisa membawa kuncinya kemanapun anda pergi, barang anda aman. Cukup membayar Rp.2000 anda sudah bisa mengisi daya barang elektronik anda, murah kan.

Fasilitas yang paling terkenal dan beda dari yang lainnya adalah terdapat tempat mandi di Masjid Agung An-Nur ini. Pasti anda berpikir tempatnya jorok dan bau,anda salah besar, tempatnya sangat bersih dan nyaman serasa anda mandi di rumah sendiri. Dan yang paling utama adalah,pemandian air panas,anda pasti tidak percaya mendengarnya, pemandian air panas di masjid? Emang adaa? Masjid Agung An-Nur ini menjawabnya, sudah terdapat disini. Dengan membayar Rp.4000 untuk mandi air biasa dan Rp.8000 untuk mandi air panas,anda bisa mandi sepuasnya. Setelah mandi anda akan kembali segar tentunya, sehingga bisa nyaman melanjutkan perjalanan.

Dan yang paling ramai di Masjid Agung An-Nur ini pada saat bulan Ramadhan, selama 30 hari saat Ramadhan, tempat ini tak pernah sepi dari aktivitas, mulai dari shalat berjama’ah 5 waktu, tadarusan serta kajian agama yang disampaikan oleh kiyai menjelang buka bersama. Pengelola masjid sudah menyiapkan ratusan menu buka bersama gratis setiap harinya. Weihhh Masjid Agung An-nur ini sangat lengkap fasilitas kan, jadi jika anda ke Kota Batu, silahkan mampir ke Masjid Agung An-Nur untuk shalat ataupun beristirahat barang sebentar bisa juga dengan travel surabaya malang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *